Gelar S2, Penunjang Tugas Sebagai Wakil Rakyat

Oleh : degadjah | 11 Februari 2017

Kesibukan sebagai wakil rakyat tak menyurutkan langkah Made Muliawan Arya atau yang akrab disapa De Gadjah dalam urusan menuntut ilmu. Buktinya, di tengah aktivitasnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, De Gadjah, berhasil menuntaskan jenjang S2 di Universitas Dwijendra, Denpasar.
 
Bersama dengan 363 lulusan lainnya, Selasa (30/8/2016), De Gadjah diwisuda di Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar. Ia adalah satu dari enam lulusan program magister yang diwisuda hari itu. Dengan tuntasnya ia studi S2 ini, kini ia menyandang titel MH (Magister Hukum).
 
Kini ia boleh berbangga menyematkan titel MH itu di belakang namanya menjadi Made Muliawan Arya SE, MH. Gelar S2 ini diraihnya setelah studi selama empat tahun sejak pertama kali kembali ke bangku kuliah pada 2012 silam. Diakui Ketua Harian Pemuda Bali Bersatu (PPB) ini, ia menyelesaikan jenjang S2 cukup lama karena berbagai kesibukan yang harus ia jalani anggota legislatif di Kota Denpasar. 
 
Namun demikian, titel MH itu dia raih dengan menjalani perkuliahan sesuai prosedur semestinya.“Meski prosesnya cukup lama, saya bisa menyelesaikan S2 ini bukan dengan cara instant,” katanya, usai diwisuda. Menurut De Gadjah, titel bukan alasan utama ia kembali berkuliah.
 
Tapi ilmu hukum yang didapat memperkaya pengetahuannya yang akan menunjang tugasnya sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Denpasar. “Tidak akah berhenti disini, saya akan terus belajar dan terus belajar,” pungkas ayah dari dua anak ini.
 
Sebelumnya, De Gadjah menyelesaikan jenjang S1 dengan meraih gelar SE (Sarjana Ekonomi) dari STIE Malangkucecwara, Malang, pada 2003 silam. Sempat bekerja di Amerika Serikat pada tahun 2007, ia akhirnya memilih pulang ke Bali setelah sekitar 5 tahun berkelana di negeri orang. Dan, pada Pileg 2014 ia terpilih anggota DPRD Kota Denpasar dan dipercaya menjabart sebagai Wakil Ketua.